SOAL PASCA SARJANA PROGRAM TEKNOLOGI PENDIDIKAN
UNIVERSITAS ISLAM ASYAFI'IYAH
pendapat saudara sendiri.
2. Jelaskan perbedaan Sumber Belajar dengan Bahan ajar dan uraikan beserta contohnya.
3. Secara skematik prosedur merancang sumber belajar mengikuti langkah sebagai berikut :
Jelaskan ke-6 langkah tersebut?
4. Buatlah Rencana Pembelajaran / RPP dalam persiapan mengajar saudara dalam kelas, yang
disesuaikan dengan kondisi kelas, letak geografis, keterbatasan sarana dan lain-lain, dengan
melibatkan sumber belajar secara optimal?
5. Jika saudara menjadi pemangku kebijakan dibidang pendidikan di kabupaten Sukabumi,
Program apakah yang akan saudara lakukan terkait dengan peningkatan kualitas pendidikan
yang berorientasi pada pengembangan sumber belajar?
____________ SELAMAT BEKERJA SEMOGA SUKSES ______________
LEMBAR JAWABAN
Nama Mahasiswa : Dahlia Kemalasari
1. Definisi Sumber Belajar:
a. Sumber
belajar adalah segala sesuatu yang ada di sekitar lingkungan kegiatan belajar
yang secara fungsional dapat digunakan untuk membantu optimalisasi hasil
belajar. Optimalisasi hasil belajar ini dapat dilihat tidak hanya dari hasil
belajar (output) namun juga dilihat dari proses berupa interaksi siswa dengan
berbagai macam sumber belajar yang dapat merangsang siswa untuk belajar dan
mempercepat pemahaman dan penguasaan dibidang ilmu yang dipelajarinya. (Wina
Sanjaya)
b. Barbara B.
Seels dan Rita C. Richey, dalam buku Tenologi Pembelajaran, definisi dan
Kawasannya mengatakan bahwa yang dimaksud dengan sumber ialah asal yang
mendukung terjadinya belajar, termasuk system pelayanan, bahan pembelajaran dan
lingkungan. Sumber belajar tidak hanya terbatas pada bahan dan alat yang
digunakan dalam proses belajar pembelajaran, melainkan juga tenaga, biaya dan
fasilitas. Sumber belajar mencakup apa saja yang yang dapat digunakan untuk
membantu tiap orang untuk belajar dan menampilkan kompetensinya.
c. AECT
(Association for Education and Communication Technology) menyatakan bahwa
sumber belajar (learning resources) adalah semua sumber baik berupa data, orang
dan wujud tertentu yang dapat digunakan oleh siswa dalam belajar, baik secara
terpisah maupun secara terkombinasi sehingga mempermudah siswa dalam mencapai
tujuan belajar atau mencapai kompetensi tertentu. Sumber belajar adalah
bahan-bahan yang dimanfaatkan dan diperlukan dalam proses pembelajaran, yang
dapat berupa buku teks, media cetak, media elektronik, narasumber, lingkungan
sekitar, dan sebagainya yang dapat meningkatkan kadar keaktifan dalam proses
pembelajaran.
d. Menurut
Abdul Majid, dalam bukunya Perencanaan Pembelajaran, sumber belajar diartikan
segala tempat atau lingkungan sekitar, benda dan orang yang mengandung
informasi dapat digunakan sebagai wahana bagi peserta didik untuk melakukan
proses perubahan tingkah laku.
e. Sudjana (Suratno, 2008), menuliskan bahwa pengertian
Sumber Belajar bisa diartikan secara sempit dan secara luas. Pengertian
secara sempit diarahakan pada bahan-bahan cetak. Sedangkan secara luas
tidak lain adalah daya yang bisa dimanfaatkan guna kepentingan proses
belajar mengajar, baik secara langsung maupun tidak langsung.
f. Definisi sendiri: Sumber
belajar adalah semua yang ada disekitar kita yang
mendukung proses pembelajaran
sehingga tujuan pembelajaaran tercapai optimal. 2.. Perbedaan sumber belajar dan bahan ajar :
Sumber Belajar
|
Bahan Ajar
|
1.
Pengertian : Sumber belajar adalah segala
sesuatu yang dapat dimanfaatkan atau digunakan seseorang untuk memfasilitasi
segala kegiatan belajar, baik itu secara terpisah maupun secara terkombinasi
agar dapat mempermudah seseorang dalam mencapai tujuan belajar yang
diinginkan.
|
1.
Pengertian : Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang
digunakan untuk membantu guru/instruktur dalam melaksanakan kegiatan belajar
mengajar. Bahan yang dimaksud bisa berupa bahan tertulis maupun bahan tidak
tertulis.Bahan ajar merupakan bagian dari sumber belajar.
|
2.
Klasifikasi :
a. Tempat
atau lingkungan alam sekitar yaitu dimana saja seseorang dapat melakukan
belajar atau proses perubahan tingkah laku. misalnya perpustakaan, pasar, museum,
sungai, gunung, tempat pembuangan sampah, kolam ikan dan lain sebagainya.
b. Benda
yaitu segala benda yang memungkinkan terjadinya perubahan tingkah laku bagi
peserta didik, Misalnya situs, candi dan benda peninggalan lainnya.
c. Orang
yaitu siapa saja yang memiliki keahlian tertentu di mana peserta didik dapat
belajar sesuatu, misalnya guru, ahli geologi, polisi, dan ahli-ahli lainnya.
d. Bahan
yaitu segala sesuatu yang berupa teks tertulis, cetak, rekaman elektronik,
web, dll yang dapat digunakan untuk belajar.
e. Buku
yaitu segala macam buku yang dapat dibaca secara mandiri oleh peserta didik,
misalnya buku pelajaran, buku teks, kamus, ensiklopedi, fiksi dan lain
sebagainya.
f. Peristiwa
dan fakta yang sedang terjadi, misalnya peristiwa kerusuhan, peristiwa
bencana, dan peristiwa lainnya yang guru dapat menjadikan peristiwa atau
fakta sebagai sumber belajar.
|
2.
Klasifikasi :
a. Media tulis,
b. Audio visual, elektronik
c.Interaktif terintegrasi
yang kemudian disebut sebagai
medienverbund (bahasa jerman yang berarti media terintegrasi) atau mediamix.
Sedangkan Bernd Weidenmann, 1994
dalam buku Lernen mit Bildmedien mengelompokkan menjadi tiga besar,
1. Auditiv yang menyangkut radio
(Rundfunk),kaset (Tonkassette), piringan hitam (Schallplatte).
2. Visual (visuell) yang
menyangkut Flipchart, gambar (Wandbild), film bisu (Stummfilm), video bisu
(Stummvideo), program komputer (Computer-Lernprogramm), bahan tertulis dengan
dan tanpa gambar (Lerntext, mit und ohne Abbildung).
3. Audio visual (audiovisuell) yang
menyangkut berbicara dengan gambar (Rede mit Bild), pertunjukan suara dan
gambar (Tonbildschau),dan film/video.
|
3.
Contoh : Buku teks SBK kelas 4, Laptop dan Infocus, film tentang cuplikan tarian nusantara, guru SBK/ Guru tari yang menerangkan tentang unsur tarian nusantara
|
4.
Contoh : Film tentang cuplikan tarian nusantara pada pelajaran SBK
|
3.
Penjelasan Prosedur Merancang Sumber Belajar
·
Langkah
pertama mempelajari kurikulum.
Sebelum guru menentukan sumber belajar yang akan digunakan, terlebih
dahulu guru harus mempelajari silabus yang terdapat di dalam kurikulum mata
pelajaran. Dalam silabus tersebut telah disebutkan standar kompetensi,
kompetensi dasar, pokok bahasan materi pelajaran, kegiatan belajar yang akan
dilakukan dalam rangka mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar, alat
evaluasi, sumber belajar berupa buku teks dan alokasi waktu yang diperlukan
untuk menyelesaikan suatu pokok bahasan.
·
Langkah
kedua menetapkan kompetensi siswa yang hendak dicapai.
Kompetensi siswa yang hendak dicapai berupa kompetensi dasar dirumuskan
dalam bentuk indikator-indikator yang
dijadikan tolok ukur bagi pencapaian kompetensi dasar tersebut. Berdasar
indikator-indikator ini dirumuskan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai
dalam kegiatan belajar mengajar setelah guru menyelesaiakn pembelajaran dalam
satu kali atau beberapa kali pertemuan.
·
Langkah
ketiga memilih dan menentukan materi yang akan disajikan.
Setelah guru menentukan kompetensi dasar dan merumuskan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai berdasarkan indikator-indikator yang dijabarkan
dari kompetensi dasar, maka langkah selanjutnya guru memilih materi pelajaran
yang akan disajikan berdasarkan tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan.
Materi pelajaran tersebut disusun berdasarkan hierarkis tujuan pembelajaran
yang dirumuskan oleh guru, dimulai dari level yang mudah sampai pada level yang
sukar.
·
Langkah
kempat, memilih dan menentukan jenis dan sumber belajar.
Berdasarkan tujuan pembelajaran tersebut maka guru menentukan kegiatan
belajar mengajar dan jenis serta sumber belajar yang akan digunakan dalam
rangka untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut.
·
Langkah
kelima, mengembangkan sumber belajar. Selanjutnya guru melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan
menggunakan jenis dan sumber belajar yang telah ditentukan dengan menggunakan
berbagai metode yang dianggap relevan dengan tujuan yang akan dicapai.
·
Langkah
keenam. mengevaluasi sumber belajar.
Evaluasi sumber belajar adalah penilaian yang dilakukan guru terhadap
pelaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan jenis dan sumber belajar yang telah
ditentukan, Dilakukan untuk mengetahui apakah kegiatan belajar mengajar yang
dilaksanakan dengan menggunakan jenis dan sumber belajar itu berhasil dengan
baik.
4. RPP SBK kelas 4, semester 1 di kelas
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah
|
: SDIT AL IZZAH
|
Mata Pelajaran
|
: SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
|
Kelas/Semester
|
: IV (empat) / I (satu)
|
Pertemuan Ke
|
: 11 – 12
|
Alokasi Waktu
|
: 4 x 35’
|
Standar
Kompetensi
|
SENI
TARI
5. Mengapresiasi Karya Seni Tari
|
Kompetensi
Dasar
|
5.1. Mengidentifikasi gerak, busana,
dan perlengkapan tari Nusantara daerah setempat
5.2. Menunjukkan sikap
apresiatif terhadap keunikan gerak, busana, dan perlengkapan seni tari
Nusantara daerah setempat
|
I. Tujuan Pembelajaran**
|
|
v Karakter siswa yang diharapkan
: Disiplin ( Discipline
)
Tekun (
diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Ketelitian
( carefulness)
Kerja sama
( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence
)
|
II. Materi Ajar
|
a. Apresiasi Tari Nusantara
|
III. Metode Pembelajaran
|
1. Ceramah
2. Demonstrasi
3. Pemberian Tugas
4. Diskusi
5. Tes tertulis
|
IV. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
|
A. Kegiatan Awal
1. Salam pembuka
2. Mengabsen siswa
3. Mempersiapkan peralatan yang diperlukan
4. Apersepsi
5. Mengarahkan siswa untuk membuat kelompok
|
B. Kegiatan Inti
1. Memberikan penjelasan materi kepada siswa
2. Memberikan kesempatan siswa untuk bertanya
3. Memperlihatkan pertunjukan melalui Infocus/VCD
4. Mengarahkan setiap kelompok
mengidentifikasi unsur tari dalam salah satu tarian yang sudah
ditonton
5. Mengapresiasikan dan mendeskripsikan unsur tarian nusantara
melalui tulisan
a. Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1) Memberikan
penjelasan materi kepada siswa tentang unsur tari, seperti gerak tari,
busana tari, perlengkapan tari, iringan tari dan tempat pertunjukkan tari.
2) Memberikan
kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang unsur tari.
3) Memfasilitasi siswa
menonton beberapa cuplikan contoh pertunjukan tarian nusantara melalui Infocus/VCD.
4) Memberikan siswa kesempatan bertanya jawab dan melakukan
apresiasi secara lisan tentang tarian yang telah ditontonnya.
b. Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1) Memberikan arahan
tugas mendiskusikan unsur-unsur tari yang dihubungkan dengan tarian yang
telah ditonton siswa melalui infocus/VCD
2) Memberi tugas kelompok yang harus didiskusikan tentang
apresiasi tarian nusantara dengan memperhatikan unsur tari seperti gerakan tari, perlengkapan tari
serta busana tari .
3) Melibatkan peserta
didik secara aktif dengan melakukan diskusi dengan teman kelompoknya
tentang unsur tari dan hubungannya dengan tarian- tarian yang ditontonnya
melalui Infocus/VCD.
4) Membimbing siswa dalam mengerjakan tugas kelompok.
5) Memotivasi siswa
dalam mengerjakan tugas kelompoknya, dengan memberikan penguatan kepada siswa
atau kelompok yang telah melakukan tugasnya dengan baik, ataupun menyemangati
siswa yang kurang aktif untuk melakukan berpartisipasi dalam tugas kelompoknya.
6) Megarahkan kepada
siswa untuk menuliskan hasil diskusi kelompoknya.
7) Memberi kesempatan
sekali lagi kepada siswa untuk menonton ulang cuplikan contoh pertunjukan
tarian nusantara.
8) Memberi kessempatan siswa untuk menyempurnakan laporan dan
tugas kelompoknya.
9) Memfasilitasi kepada perwakilan tiap kelompok untuk mempresentasikan
hasil diskusi kelompoknya.
10) Memberi kesempatan kepada siswa dari kelompok lain untuk
bertanya tentang presentasi kelompok.
11) Bersama seluruh
siswa memberi penghargaan kepada kelompok yang telah menyelesaikan tugas dan
telah melakukan presentasi dengan baik
c. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1) Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2) Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
C.
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
a. Memeriksa hasil
tugas setiap kelompok
b. Memberi
tugas untuk membuat kliping tentang tarian Nusantara
|
V. Sumber/Alat/Bahan
|
·
Buku paket SBK
·
Standar Isi 2006
·
Gambar dan foto jenis tarian
·
Film tentang tarian nusantara
·
Laptop dan Infocus atau VCD/DVD
|
VI. Penilaian
|
☺ Aspek yang dinilai
- Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi
keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan
hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat
siswa melakukan menonton/menyimak film tarian nusantara, saat diskusi
kelompok dan saat presentasi.
|
-
Aspek psikomotorik
Komponen yang dinilai meliputi
ketepatan memilih bahan, keterampilan menggunakan peralatan, dan menggunakan
alat. Penilaian ini dilakukan saat siswa melakukan kegiatan diskusi dan
presentasi kelompok.
- Aspek kognitif
Komponen yang dinilai meliputi
kemampuan menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru pada saat test lisan dan
mengerjakan tugas kelompok tertulis.
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
Menjelaskan ciri-ciri
gerak dalam seni tari Nusantara.
·
Menjelaskan nama dan model
busana yang dikenakan penari dalam
seni tari Nusantara.
·
Menjelaskan Kekhasan
busana dan perlengkapan tari dalam
tari daerah Nusantara.
·
Menjelaskan perbedaan
gerak tari dari daerah satu dengan daerah yang lain.
· Membedakan keunikan gerak, busana, dan perlengkapan tari
daerah di Nusantara
· Memberikan apresiasi terhadap tarian nusantara
|
Tes tulis
|
Unjuk kerja
|
·
Jelaskan ciri-ciri dan keunikan gerak dalam seni tari
Nusantara!
·
Jelaskan nama dan model busana
yang dikenakan penari dalam seni tari Nusantara!
·
Jelaskan Kekhasan
busana dan perlengkapan tari dalam
tari daerah Nusantara!
· Bedakan keunikan gerak, busana, dan perlengkapan tari daerah
di Nusantara!
· Berikan pendapatmu mengenai tarian nusantara yang baru saja
kamu tonton!
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktek
Sikap
|
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
3. LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
Dst
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Serang,
November 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel SBK
Dahlia
Kemalasari, S. Pd Dahlia
Kemalasari, S. Pd
NRP: 0304018 NRP: 0304018
5. Program
pemangku kebijakan dibidang pendidikan
terkait dengan peningkatan kualitas pendidikan yang berorientasi pada
pengembangan sumber belajar diantaranya :
- Menetapkan visi, misi dan tujuan pendidikan
- Menyusun program kerja baik jangka panjang,
menengah maupun pendek
- Menyusun rencana kegiatan yang berkaitan
dengan peningkatan kualitas pendidikan
- Menentukan sumber daya yang dibutuhkan (sumber daya keuangan, sumber daya manusia,
sumber daya alat, sumber daya cara )
- Feed back stake holder
- Evaluasi
EmoticonEmoticon