Senin, 03 Desember 2012

UTS MK Pengembangan Sumber Belajar, Dr. Samsudin

Tags


SOAL PASCA SARJANA PROGRAM TEKNOLOGI PENDIDIKAN
UNIVERSITAS ISLAM ASYAFI'IYAH

1. Jelaskan pengertian Sumber Belajar yang dikutip, minimal 5 pendapat para ahli, kemudian dikemas menjadi
pendapat saudara sendiri.

2. Jelaskan perbedaan Sumber Belajar dengan Bahan ajar dan uraikan beserta contohnya.

3. Secara skematik prosedur merancang sumber belajar mengikuti langkah sebagai berikut :
sumber belajar1

Jelaskan ke-6 langkah tersebut?

4. Buatlah Rencana Pembelajaran / RPP dalam persiapan mengajar saudara dalam kelas, yang
disesuaikan dengan kondisi kelas, letak geografis, keterbatasan sarana dan lain-lain, dengan
melibatkan sumber belajar secara optimal?

5. Jika saudara menjadi pemangku kebijakan dibidang pendidikan di kabupaten Sukabumi,
Program apakah yang akan saudara lakukan terkait dengan peningkatan kualitas pendidikan
yang berorientasi pada pengembangan sumber belajar?


____________ SELAMAT BEKERJA SEMOGA SUKSES ______________


LEMBAR JAWABAN


Nama Mahasiswa : Dahlia Kemalasari

1. Definisi Sumber Belajar:                     
a. Sumber belajar adalah segala sesuatu yang ada di sekitar lingkungan kegiatan belajar yang secara fungsional dapat digunakan untuk membantu optimalisasi hasil belajar. Optimalisasi hasil belajar ini dapat dilihat tidak hanya dari hasil belajar (output) namun juga dilihat dari proses berupa interaksi siswa dengan berbagai macam sumber belajar yang dapat merangsang siswa untuk belajar dan mempercepat pemahaman dan penguasaan dibidang ilmu yang dipelajarinya. (Wina Sanjaya)
b. Barbara B. Seels dan Rita C. Richey, dalam buku Tenologi Pembelajaran, definisi dan Kawasannya mengatakan bahwa yang dimaksud dengan sumber ialah asal yang mendukung terjadinya belajar, termasuk system pelayanan, bahan pembelajaran dan lingkungan. Sumber belajar tidak hanya terbatas pada bahan dan alat yang digunakan dalam proses belajar pembelajaran, melainkan juga tenaga, biaya dan fasilitas. Sumber belajar mencakup apa saja yang yang dapat digunakan untuk membantu tiap orang untuk belajar dan menampilkan kompetensinya.
c. AECT (Association for Education and Communication Technology) menyatakan bahwa sumber belajar (learning resources) adalah semua sumber baik berupa data, orang dan wujud tertentu yang dapat digunakan oleh siswa dalam belajar, baik secara terpisah maupun secara terkombinasi sehingga mempermudah siswa dalam mencapai tujuan belajar atau mencapai kompetensi tertentu. Sumber belajar adalah bahan-bahan yang dimanfaatkan dan diperlukan dalam proses pembelajaran, yang dapat berupa buku teks, media cetak, media elektronik, narasumber, lingkungan sekitar, dan sebagainya yang dapat meningkatkan kadar keaktifan dalam proses pembelajaran.
d. Menurut Abdul Majid, dalam bukunya Perencanaan Pembelajaran, sumber belajar diartikan segala tempat atau lingkungan sekitar, benda dan orang yang mengandung informasi dapat digunakan sebagai wahana bagi peserta didik untuk melakukan proses perubahan tingkah laku.
 e. Sudjana (Suratno, 2008), menuliskan bahwa pengertian Sumber Belajar bisa diartikan secara sempit dan secara luas. Pengertian secara sempit diarahakan pada bahan-bahan cetak. Sedangkan secara luas tidak lain adalah daya yang bisa dimanfaatkan guna kepentingan proses belajar mengajar, baik secara langsung maupun tidak langsung.
             f.  Definisi sendiri: Sumber belajar adalah semua yang ada disekitar kita yang
                  mendukung proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaaran tercapai optimal. 
         
  2.Perbedaan sumber belajar dan bahan ajar :
Sumber Belajar
Bahan Ajar
1.   Pengertian : Sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat dimanfaatkan atau digunakan seseorang untuk memfasilitasi segala kegiatan belajar, baik itu secara terpisah maupun secara terkombinasi agar dapat mempermudah seseorang dalam mencapai tujuan belajar yang diinginkan.
1.   Pengertian :   Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktur dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Bahan yang dimaksud bisa berupa bahan tertulis maupun bahan tidak tertulis.Bahan ajar merupakan bagian dari sumber belajar.
2.   Klasifikasi :
a.   Tempat atau lingkungan alam sekitar yaitu dimana saja seseorang dapat melakukan belajar atau proses perubahan tingkah laku.  misalnya perpustakaan, pasar, museum, sungai, gunung, tempat pembuangan sampah, kolam ikan dan lain sebagainya.
b.   Benda yaitu segala benda yang memungkinkan terjadinya perubahan tingkah laku bagi peserta didik, Misalnya situs, candi dan benda peninggalan lainnya.
c.   Orang yaitu siapa saja yang memiliki keahlian tertentu di mana peserta didik dapat belajar sesuatu, misalnya guru, ahli geologi, polisi, dan ahli-ahli lainnya.
d.   Bahan yaitu segala sesuatu yang berupa teks tertulis, cetak, rekaman elektronik, web, dll yang dapat digunakan untuk belajar.
e.   Buku yaitu segala macam buku yang dapat dibaca secara mandiri oleh peserta didik, misalnya buku pelajaran, buku teks, kamus, ensiklopedi, fiksi dan lain sebagainya.
f.    Peristiwa dan fakta yang sedang terjadi, misalnya peristiwa kerusuhan, peristiwa bencana, dan peristiwa lainnya yang guru dapat menjadikan peristiwa atau fakta sebagai sumber belajar.
2.   Klasifikasi :
a. Media tulis,
b. Audio visual, elektronik
c.Interaktif terintegrasi yang    kemudian disebut sebagai medienverbund (bahasa jerman yang berarti media terintegrasi) atau mediamix.
Sedangkan Bernd Weidenmann, 1994 dalam buku Lernen mit Bildmedien mengelompokkan menjadi tiga besar,
1. Auditiv yang menyangkut radio (Rundfunk),kaset (Tonkassette), piringan hitam (Schallplatte).
2. Visual (visuell) yang menyangkut Flipchart, gambar (Wandbild), film bisu (Stummfilm), video bisu (Stummvideo), program komputer (Computer-Lernprogramm), bahan tertulis dengan dan tanpa gambar (Lerntext, mit und ohne Abbildung).
     3. Audio visual (audiovisuell) yang menyangkut berbicara dengan gambar (Rede mit Bild), pertunjukan suara dan gambar (Tonbildschau),dan film/video.
3.   Contoh : Buku teks SBK kelas 4, Laptop dan Infocus, film tentang cuplikan tarian nusantara, guru SBK/ Guru tari yang menerangkan tentang unsur tarian nusantara
      4.   Contoh : Film tentang cuplikan tarian nusantara pada pelajaran SBK
            




3. Penjelasan Prosedur Merancang Sumber Belajar


·      Langkah pertama mempelajari kurikulum.
Sebelum guru menentukan sumber belajar yang akan digunakan, terlebih dahulu guru harus mempelajari silabus yang terdapat di dalam kurikulum mata pelajaran. Dalam silabus tersebut telah disebutkan standar kompetensi, kompetensi dasar, pokok bahasan materi pelajaran, kegiatan belajar yang akan dilakukan dalam rangka mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar, alat evaluasi, sumber belajar berupa buku teks dan alokasi waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan  suatu pokok bahasan.
·      Langkah kedua menetapkan kompetensi siswa yang hendak dicapai.
Kompetensi siswa yang hendak dicapai berupa kompetensi dasar dirumuskan dalam bentuk  indikator-indikator yang dijadikan tolok ukur bagi pencapaian kompetensi dasar tersebut. Berdasar indikator-indikator ini dirumuskan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai dalam kegiatan belajar mengajar setelah guru menyelesaiakn pembelajaran dalam satu kali atau beberapa kali pertemuan.
·      Langkah ketiga memilih dan menentukan materi yang akan disajikan.
Setelah guru menentukan kompetensi dasar dan merumuskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai berdasarkan indikator-indikator yang dijabarkan dari kompetensi dasar, maka langkah selanjutnya guru memilih materi pelajaran yang akan disajikan berdasarkan tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan. Materi pelajaran tersebut disusun berdasarkan hierarkis tujuan pembelajaran yang dirumuskan oleh guru, dimulai dari level yang mudah sampai pada level yang sukar.
·      Langkah kempat, memilih dan menentukan jenis dan sumber belajar.
Berdasarkan tujuan pembelajaran tersebut maka guru menentukan kegiatan belajar mengajar dan jenis serta sumber belajar yang akan digunakan dalam rangka untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut.
·      Langkah kelima, mengembangkan sumber belajar. Selanjutnya guru  melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan jenis dan sumber belajar yang telah ditentukan dengan menggunakan berbagai metode yang dianggap relevan dengan tujuan yang akan dicapai.
·      Langkah keenam. mengevaluasi sumber belajar.
Evaluasi sumber belajar adalah penilaian yang dilakukan guru terhadap pelaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan  jenis dan sumber belajar yang telah ditentukan, Dilakukan untuk mengetahui apakah kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan dengan menggunakan jenis dan sumber belajar itu berhasil dengan baik.




4. RPP SBK kelas 4, semester 1 di kelas


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah
:  SDIT AL IZZAH
Mata Pelajaran
: SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
Kelas/Semester
: IV (empat) / I (satu)
Pertemuan Ke
: 11 – 12
Alokasi Waktu
: 4 x 35’

Standar Kompetensi
SENI TARI
5.  Mengapresiasi Karya Seni  Tari

Kompetensi Dasar
5.1.  Mengidentifikasi gerak, busana, dan perlengkapan tari Nusantara daerah setempat
5.2.  Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan gerak, busana, dan perlengkapan seni tari Nusantara daerah setempat


I.   Tujuan Pembelajaran**
  • Melalui penjelasan guru dan tanya jawab siswa dapat menjelaskan unsur-unsur dalam tari, seperti gerak tari Nusantara, keragaman busana tari, perlengkapan seni tari dan iringan tari dan tempat pertunjukan tari.
  • Melalui pengamatan video/ visual siswa dapat menjelaskan perbedaan unsur tari yang khas dalam tari daerah di Nusantara.
  • Melalui diskusi dan pencarian informasi siswa menyebutkan nama tarian dan nama  daerah asalnya.
  • Melalui pengamatan pada VCD pementasan seni tari daerah Nusantara siswa menyebutkan keunikan gerak dan kekhasan busana serta perlengkapan tari daerah Nusantara.
  • Membedakan/ mengelompokkan keunikan gerak, busana dan perlengkapan tari daerah Nusantara menurut suku di Indonesia.
v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

II.   Materi Ajar
a. Apresiasi Tari Nusantara

III.   Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Demonstrasi
3. Pemberian Tugas
4. Diskusi
5. Tes tertulis

IV.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
A.   Kegiatan Awal
1.      Salam pembuka
2.      Mengabsen siswa
3.      Mempersiapkan peralatan yang diperlukan
4.      Apersepsi
5.      Mengarahkan siswa untuk membuat kelompok
B.     Kegiatan Inti
1.      Memberikan penjelasan materi kepada siswa
2.      Memberikan kesempatan siswa untuk bertanya
3.      Memperlihatkan pertunjukan melalui Infocus/VCD
4.    Mengarahkan setiap kelompok  mengidentifikasi unsur tari dalam salah satu tarian yang sudah ditonton
5.   Mengapresiasikan dan mendeskripsikan unsur tarian nusantara melalui tulisan
a. Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1) Memberikan penjelasan materi kepada siswa tentang unsur tari, seperti gerak tari, busana tari, perlengkapan tari, iringan tari dan tempat pertunjukkan tari.
2)  Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang unsur tari.
3)  Memfasilitasi siswa menonton beberapa cuplikan contoh pertunjukan tarian nusantara melalui Infocus/VCD.
4) Memberikan siswa kesempatan bertanya jawab dan melakukan apresiasi secara lisan tentang tarian yang telah ditontonnya.

b.  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1) Memberikan arahan tugas mendiskusikan unsur-unsur tari yang dihubungkan dengan tarian yang telah ditonton siswa melalui infocus/VCD
2)  Memberi tugas kelompok yang harus didiskusikan tentang apresiasi tarian nusantara dengan memperhatikan unsur  tari seperti gerakan tari, perlengkapan tari serta busana tari .
3) Melibatkan peserta didik secara aktif dengan melakukan diskusi dengan teman kelompoknya tentang unsur tari dan hubungannya dengan tarian- tarian yang ditontonnya melalui Infocus/VCD.
4)   Membimbing siswa dalam mengerjakan tugas kelompok.
5) Memotivasi siswa dalam mengerjakan tugas kelompoknya, dengan memberikan penguatan kepada siswa atau kelompok yang telah melakukan tugasnya dengan baik, ataupun menyemangati siswa yang kurang aktif untuk melakukan berpartisipasi dalam tugas kelompoknya.
6) Megarahkan kepada siswa untuk menuliskan hasil diskusi kelompoknya.
7)  Memberi kesempatan sekali lagi kepada siswa untuk menonton ulang cuplikan contoh pertunjukan tarian nusantara.
8) Memberi kessempatan siswa untuk menyempurnakan laporan dan tugas kelompoknya.
9) Memfasilitasi kepada perwakilan tiap kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya.
10) Memberi kesempatan kepada siswa dari kelompok lain untuk bertanya tentang presentasi kelompok.
11) Bersama seluruh siswa memberi penghargaan kepada kelompok yang telah menyelesaikan tugas dan telah melakukan presentasi dengan baik

c.  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1)  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2) Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
C.        Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
a. Memeriksa hasil tugas setiap kelompok
b. Memberi tugas untuk membuat kliping tentang tarian Nusantara

V.   Sumber/Alat/Bahan
·         Buku paket SBK
·         Standar Isi 2006
·         Gambar dan foto jenis tarian
·         Film tentang tarian nusantara
·         Laptop dan Infocus atau VCD/DVD

VI.   Penilaian
  Aspek yang dinilai
-    Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan menonton/menyimak film tarian nusantara, saat diskusi kelompok dan saat presentasi.

-    Aspek psikomotorik
Komponen yang dinilai meliputi ketepatan memilih bahan, keterampilan menggunakan peralatan, dan menggunakan alat. Penilaian ini dilakukan saat siswa melakukan kegiatan diskusi dan presentasi kelompok.
-    Aspek kognitif
Komponen yang dinilai meliputi kemampuan menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru pada saat test lisan dan mengerjakan tugas kelompok tertulis.




Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Menjelaskan ciri-ciri gerak  dalam seni tari Nusantara.
·   Menjelaskan nama dan model  busana yang dikenakan penari dalam seni tari Nusantara.
·   Menjelaskan Kekhasan busana  dan perlengkapan tari dalam tari daerah Nusantara.
·   Menjelaskan perbedaan gerak tari dari daerah satu dengan daerah yang lain.
·   Membedakan keunikan gerak, busana, dan perlengkapan tari daerah di Nusantara
·   Memberikan apresiasi terhadap tarian nusantara
Tes tulis
Unjuk kerja
·   Jelaskan ciri-ciri  dan keunikan gerak dalam seni tari Nusantara!
·   Jelaskan nama dan model busana yang dikenakan penari dalam seni tari Nusantara!
·   Jelaskan Kekhasan busana  dan perlengkapan tari dalam tari daerah Nusantara!
·   Bedakan keunikan gerak, busana, dan perlengkapan tari daerah di Nusantara!
·   Berikan pendapatmu mengenai tarian nusantara yang baru saja kamu tonton!  

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
1.  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1




2.  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

3.   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.



Dst






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        Serang,  November 2012
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel SBK



          Dahlia Kemalasari, S. Pd                                   Dahlia Kemalasari, S. Pd
NRP: 0304018                                                      NRP: 0304018


5. Program  pemangku kebijakan dibidang pendidikan terkait dengan peningkatan kualitas pendidikan yang berorientasi pada pengembangan sumber belajar diantaranya :
-      Menetapkan visi, misi dan tujuan pendidikan
-      Menyusun program kerja baik jangka panjang, menengah maupun pendek
-      Menyusun rencana kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan kualitas pendidikan
-      Menentukan sumber daya yang dibutuhkan  (sumber daya keuangan, sumber daya manusia, sumber daya alat, sumber daya cara )
-      Feed back stake holder
-      Evaluasi



EmoticonEmoticon